Kamis, 18 Juni 2015

Lagu Wajib Khusus Sahur


Wkwkwkwk, hayooo sapa nih yang bikin ngaku....
Hari pertama puasa ya mentemen, semoga lancar sampai buka puasa nanti. 


Sahur tadi subuh itu bangun jam setengah 3 langsung capcus ke warung depan rumah, semangkuk sup ayam sama esteh sih menunya. Ibuk ga masak, hari pertama sahur males masak katanya. 
Selalu suka sama suasana sahur, apalagi kalau pas rame banget Ibu-ibu pada males masak pasti deh warung depan rumah super rame dan asik aja gitu.

Pasti selalu ada hal-hal seru yang dirasain pas menjalani bulan Ramadhan. Mulai dari acara Bubar alias Buka Baju Rame-rame Buka Bareng atau ngetrennya Buber / Buka Bersama. Itu udah pasti jelas ada dan selalu ada cerita-cerita seru. Masa-masa nahan laper haus sampai nunggu adzan maghrib. Masa-masa sahur dan juga cerita tentang isi ceramah dari Khotib. Cerita tentang Tarawih yang kentut berulang-ulang dan mesti wudhu juga berulang-ulang. 

Nah gue sih pengen bahas hal-hal kecil yang kadang ga terlalu diperhatiin pas bulan Ramadhan gini. Bulan Ramadhan kan cuman setaun sekali ya kan? Nah momentum 30 hari ini bikin gue tergelitik untuk mengulas sesuatu hal yang kecil namun konsisten dan itu selalu gue lakuin tiap sahur.

Setelah sahur & subuhan, ceritanya mau nunggu pagi aja biar langsung mandi & cuss berangkat kerja. Rebahan dikasur sambil muter lagu dari hp lewat headset biar ga berisik, trus milih-milih playlist lagu yang enak dan nyaman didengerin di pagi buta. Setelah lama memilih akhirnya pilihan jatuh pada kesepuluh lagu yang akan gue tulis alesannya dibawah.

Ini list wajib yang mesti didengerin pas sahur.
Suasana hening dan damai emang cocok banget kalau dengerin lagu kayak beginian.


1. 311- Amber
Lagu ini pertama denger kapan udah lupa karena udah lama banget. Itu pun karena denger pertama kali di radio dari jaman jebot masih jadi anak radio yang tiap hari mantengin radio demi lagu kesayangan yang siapa tau diputer sama penyiarnya. Kira-kira lebih dari 10 tahun lagu ini selalu hadir dan menemani sahur dari tahun-ke tahun.


2. 311 - My Heart Sings
Lagu yang nongol di tahun 2009-2010 di radio. Dulu lagu ini romantis banget karena tahun yang disebutkan sebelumnya masih punya pacar. Karena waktu itu tinggal sendiri ga sama orangtua jadi sahur sendirian, si 'dia yang ga perlu disebut' selalu bangunin sahur lewat telpon. Halah... malah jadi nostalgia kenangan lama.
Tapi gapapa ding, cerita ini jadi bukti kalo dulu gue pernah punya pacar hahahahaha


3. Binocular - Deep
Lagunya ademmmm banget. Denger pertama dari radio juga mungkin sama kayak lagu yang di nomer satu. Lebih dari 10 tahun. Awalnya gatau ini lagu punya siapa judulnya apa, dan sebuah perjuangan banget buat pengen tau penyanyi dan judulnya sampe-sampe gue nelpon langsung ke radionya buat nanya. Kurang kerjaan banget ga sih? hahahaha


4. Mew - Vaccine
Lantunan suara mas Jonas yang melengking jadi alasan kenapa lagu ini bisa masuk list lagu wajib sahur. Suaranya gampang banget dikenalin. Dan juga pernah ada band indi dari Indonesia yang ngambil genre musik mirip MEW serta tak ketinggalan warna vokalnya juga. Denger sekali langsung bisa mastiin kalo lagu dan vokalnya mirip MEW, setelah itu penyiarnya baru ngomong kalo band tersebut emang terinspirasi dari MEW. Gue ga salah, gue bener


5. Sigur Ros - Hoppippola
Walaupun pake lagu berbahasa Vonlenska/Hopelandic yang ga familiar sama telinga, tapi sama sekali ga bisa mengurangi keindahan keseluruhan lagu ini. 
Bahasa Hopelandic apaan itu? Hopelandic bukan bahasa loh, karena ga ada fungsinya gramar dan arti kata. Yang gue tau itu Hopelandic biasa dipake penyanyi jazz untuk improvisasi senandung.
Vokalisnya namanya Mas Jonsi, pinter banget bikin lagu keren-keren. Jenius.


6.Simply Red - So Not Over You
Lagu patah hati ini, pengen muvon tapi gagal mulu. Masa iya lagu patah hati + gagal muvon didengerin pas sahur? #kankampret
Tapi percayalah wahai temanteman bahwasanya lagu ini ga bermaksud untuk menyindir temanteman yang jomblo dan kesepian pas sahur. Dan percayalah bahwasanya gue juga masih jomblo. Ada temennya kan? Toss dulu dong...


7. Jessie McCartney - Because You Live
Lagu ini ga pernah absen. Selalu ada menemani sahur selama lebih dari 10 tahun. 
Kan... kenangan banget kan.
Ngomong-ngomong masnya yang nyanyi ini kemana ya? Lama ga kelihatan wara wiri di dunia musik. Kangen juga...


8. Deftones - Be Quite and Drive (acoustic)
Kesan hening di musiknya serta petikan gitarnya bikin jatuh cinta berkali-kali sama lagu ini. Dan ga boleh dilupain juga vokal serak-serak seksi Mas Chino Moreno yang susah dilupain.


9. Mum - We Have a Map of The Piano
Lagu ini sebenernya list lagu dari tahun 2014 kemaren. Lagu ini seolah-olah gue lagi ada di padang ilalang dan gue lagi lari-lari cantik sambil ngejar-ngejar capung buat dijadiin koleksi jepit rambut.
Musiknya tuh unik banget, diawali instrumen musik selama semenitan lebih dan suara unik vokalisnya imut-imut. Mum sama uniknya kayak Sigur Ros karena mereka juga sama-sama dari Islandia. Dan sebenernya musik Islandia itu juga keren-keren lho dan banyak yang belum dieksplor & didengerin.
Coba deh dengerin Mum pasti ketagihan dengerin yang lain..


10.One Ok Rock - Good Goodbye
Walaupun sebelumnya ga akan masukin nih lagu ke daftar list wajib sahur, tapi gatau ya tiba-tiba lagu ini bisa begitu syahdunya mengalun di kuping dan kemudian merasuk ke dalam hati, #eaaaa. Entah kenapa bisa gini dengerin Good Goodbye pagi tadi rasanya jadi mrinding nih badan. Ada sesuatu sama lagu ini dan rasanya terlalu kelam buat dijabarin, cukup hati aja yang tau. Atau karena terlalu menghayati lagunya mungkin dan berasa kayak gue dan Mas Taka punya suatu hubungan yang rumit dan diakhiri diputusin sama Mas Taka.... ahhh.... syedih tauk.... :'(

Sebenernya nomer satu sampe sepuluh itu bukan rangking lagu mana yang paling favorit. Semuanya di posisi sama. Lagu wajib pas sahur meski lagu yang nomer 10 itu baru resmi jadi lagu wajib pagi tadi.

Kalau kalian ada list lagu khusus sahur juga ga?

Akhir kata
Selamat menunaikan Ibadah Puasa buat tementemen yang menjalankannya semoga lancar sampai di hari kemenangan tiba. Aamiin....

Selamat Sore...

Kapan-kapan Main Lagi Ya...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Feel free to comment... silahkan....